STUDI EKSKURSI: AMATAN GARDEN OF STARS

Kamis, 15 Juni 2017

STUDI EKSKURSI: AMATAN GARDEN OF STARS




Untuk memenuhi tugas Studi Ekskursi, maka pihak kampus mengadakan  Kuliah Lapangan Arsitektur dengan tujuan Hong kong, Macau, Shenzhen-China. Setiap kelompok diwajibkan melakukan pengamatan berupa observasi langsung dilapangan baik dari hasil wawancara maupun pengumpulan data berupa pendokumentasian yang dilakukan dengan video dan foto sebagai pendukung survey dilapangan. Adapun salah satu yang dikunjungi dan menjadi objek pengamatan kami disana adalah “Garden Of Star” mengambil tema “landscape” dengan detail objek pengamatan meliputi :
1.      Soft Material
-Tanaman/pohon
-Air(danau,sungai)

2.      Hard Material
-Jalan
-Bahan bangunan/material
-Pola jalan dan bangku sekitar kawasan garden of star
-Lampu
-Tempat sampah
-Sculpture; dan
-Elemen yang berada di setting landscape termasuk dalam hard material.

3.      Elemen Pendukung Landscape
-Tempat duduk/kursi taman (duduk sejenak dan dengan suatu sudut pandang)
-Elemen lain seperti patung-patung yang terdapat di sekitar kawasan Garden Of Star menambah daya tarik.
-Pedestrian Kawasan Garden Of Star
-Petunjuk arah, aksesbilitas, zonasi, sirkulasi luar dan dalam sekitar kawasan dan bangunan sekitar Garden Of Star, dll.

Kami mulai pengamatan dari mulai tangga akses masuk Garden Of Star sampai melihat sirkulasi di sekitar area pengamatan berupa bangunan-bangunan tinggi yang mengelilingi area Garden Of Star. pembagian zona amatan berdasarkan 4 titik dengan menggunakan 4 buah camera. ada yang focus mengamati aksesibilitas Garden Of Star dan detail-detail lainnya dilakukan oleh camera 1 dan 2, sementara camera 3 dan 4 focus pada bangunan sekitar dan sirkulasi di luar kawasan Garden Of Star. pembagian ini sudah ditentukan jauh sebelumnya sehingga memudahkan kami dalam hal pengamatan di sana. untuk saya sendiri di lapangan bertanggung jawab sebagai asisten kamera 4 yang bertugas membantu membawa perlengkapan kamera seperti tripod dan memberi tahu pemegang kamera apa saja data yang perlu diambil berdasarkan script yang telah dibuat sebelumnya. 


0 komentar:

Posting Komentar

Enjoy my world, guys
Diberdayakan oleh Blogger.